Selasa, 03 November 2015

Sosialisasi Kebijakan Pengurus Air Bersih mancar



PEMERINTAH KABUPATEN BENGKAYANG
KECAMATAN SAMALANTAN
PENGURUS AIR BERSIH MANCAR
(PABM)
DUSUN APING DESA PASTI JAYA
Alamat : Dsn. Aping, Desa Pasti Jaya, Kec. Samalantan, Kab. Bengkayang Kode Pos 79281

Nomor             : 002 /  PABM / IX / 2015
Lampiran         : -
Perihal             : SOSIALISASI KEBIJAKAN PENGURUS AIR BERSIH MANCAR
                          PERIODE TAHUN 2015 S/D 2018

Kepada,
Yth. Kepala Desa Pasti Jaya
    di,-
        Pasti Jaya

Salam Sejahtera,
Menindaklanjuti :
1.      Hasil keputusan Rapat Pembentukan Kepengurusan Baru Air Bersih Mancar Periode Tahun 2015 s/d 2018, Hari Minggu 20 September 2015, Waktu 14.00 – 17.30 WIB, di Aula SMP DWI DHARMA APING, dihadiri oleh Perangkat Desa, Ketua BPD, Ketua LPM, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta warga masyarakat RT. 01 dan RT. 03, Pelanggan Air Bersih Mancar Bantuan CD. PASTI JAYA 2001 dan  PNPM 2012 sebanyak 76 pelanggan dari 130 pelanggan dengan persentase kehadiran 58% (Hasil Keputusan Terlampir);
2.      Hasil keputusan Rapat Penetapan Kepengurusan Baru Air Bersih Mancar Periode Tahun 2015 s/d 2018, Hari Selasa 22 September 2015, Waktu 14.00 – 17.00 WIB, di Aula Kantor Desa Pasti Jaya, dihadiri oleh Perangkat Desa, Ketua BPD, Ketua LPM, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, BABINSA, KAMTIBMAS Polsek Samalantan, Pengurus Air Bersih Mancar Periode Tahun 2015 s/d 2018 (Hasil Keputusan Terlampir);
3.      Hasil Keputusan Rapat Pengurus, hari Selasa 22 September 2015, waktu 19.00 – 23.00 WIB, di rumah Ketua Pengurus Air Bersih Mancar (Bpk. Kasianus Irwan), dihadiri oleh 9 orang Pengurus Air Bersih Mancar Periode Tahun 2015 s/d 2018.
Dengan ini kami sampaikan beberapa hal penting dalam keputusan rapat tersebut, antara lain :
1.      Pelanggan yang belum membayar biaya denda kerja bakti Rp. 25.ooo/hari, tetap dikenakan penagihan dibayarkan melalui Bendahara (Bpk. Edison Nahampun/Pa’ Prolon)
 Rincian biaya denda kerja bakti :
a.       Minggu, 13 septembern 2015  ½ hari kerja                       = Rp. 12.500, -
b.      Senin, 14 september 2015 1 hari kerja                              = Rp. 25.000,-
2.      Pelanggan yang belum membayar iuran kerja bakti Rp. 10.000 untuk biaya rehabilitasi pipanisasi pada hari minggu, 13 september 2015 dan senin, 14 september 2015 tetap dikenakan penagihan dibayarkan melalui Bendahara (Bpk. Edison Nahampun/Pa’ Prolon).
3.      Tarip iuran perbulan, sesuai dengan penggolongan tujuan pemakaian air baku, untuk :
a.       Rumah tangga/MCK (Mandi, Cuci, & Kakus)                 = Rp. 5.000
b.      Rumah dinas/sekolah/gereja                                              = Rp. 5.000
c.       Usaha Niaga / Depot AMIU                                             = Rp. 50.000
Dengan ketentuan melampirkan :
1)      Foto Copi surat keterangan usaha dari Kepala Desa Pasti Jaya tentang pengambilan sumber air untuk usaha depot AMIU (Air Minum Isi Ulang) dari air “Mancar”.
2)      Foto Copi SIUP, UUG, TDP
4.      Pembayaran iuran dimulai bulan Oktober 2015, dengan ketentuan :
a.       Pelanggan langsung membayar iuran air kepada bendahara sekaligus pengambilan tanda bukti pembayaran (rekening).
b.      Iuran air dibayar mulai tgl 5 s/d 20 setiap bulan berjalan
c.       Pembayaran lewat tgl 20 s/d 31 diberikan surat peringatan
d.      Pembayaran lewat tgl. 31 s/d 20 bulan berjalan dikenakan denda Rp.1000,-/Hari, selanjutnya lewat tanggal 20 tiga bulan berjalan, maka pelayanan diputus.
e.       Pelanggan yang diputus jika masih berminat menjadi pelanggan lagi diberlakukan sebagai calon pelanggan baru wajib melunasi tunggakan dan biaya penyambungan baru pada pihak pengelola air bersih “ mancar” sebesar Rp. 250.000
5.      Mekanisme penggunaan uang hasil iuran :
a.       Uang Iuran Bulan Oktober 2015 s/d Desember 2015, akan dipergunakan sepenuhnya untuk membiayai kegiatan normalisasi pipa-pipa yang bocor terutama jalur pipa lama (CD. PASTI JAYA 2001) sector Kampung Baru + Siantan, rehabilitasi pipa penyeberangan di atas Sungai Serukam, rehabilitasi bak dan pengadaan box/kotak pengaman stop kran pada 2 buah bak induk yaitu, Bak CD.PASTI JAYA (Distributor Sektor Kase, Parong, dan Kampung Baru) dan Bak PNPM (Distributor Kunyit, Simpang, Sare, dan Siantan) serta pengadaan bak bagi sector yang belum memiliki bak distribusi ke rumah pelanggan terutama sector sare dan kunyit.
b.      Terhitung Bulan Januari 2016, uang iuran dalam Kas Bendahara dipergunakan untuk :
1)      Masuk PAD                            10%
2)      Pengelola / Komite Air           50%
3)      Biaya Pemeliharaan                 40% (Kas disimpan di Bank/Cu).
6.      Sesuai dengan kesepakatan bersama, Penggunaan air tidak diperbolehkan untuk :                          
a.       Usaha Masak arak
b.      Usaha Kolam ikan
7.      Pemasangan instalasi air di bak sector/kelompok, wajib memiliki stop kran otomatis.
8.      Pemasangan instalasi air rumah/kantor pelanggan, wajib memiliki stop kran.
9.      Pelanggan dilarang :
a.       Melimpahkan status pelanggaran kepada pihak lain tanpa seijin Pihak Pengelola Air Bersih Mengalirkan air keluar persil dalam bentuk apapun.
b.      Menghubungkan pompa listrik air dengan instalasi perpipaan .
10.  Bilamana terjadi pelanggaran pada point 8, 9, dan 10 di atas, maka pelaku akan diberikan peringatan awal oleh pengurus selanjutnya mengulangi pelanggaran, maka akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku berdasarkan aturan yang telah ditetapkan dalam PERATURAN DESA (PERDES) DESA PASTI JAYA.

Demikian disampaikan . Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Dibuat di         : Dusun Aping
Pada Tanggal  : 23 September 2015

PENGURUS AIR MANCAR (P A M) DUSUN APING DESA PASTI JAYA
PERIODE TAHUN 2015 S/D 2018

Ketua



Kasianus Irwan, A.Md
Sekretaris



Kimson, S.Pd

Tembusan :
Disampaikan Kepada Yth,
1.      BPD Desa Pasti Jaya
2.      Kepala Desa Pasti Jaya
3.      Ketua Adat Desa Pasti Jaya
4.      BABINSA
5.      Polsek Samalantan











1 komentar:

  1. mantap, dulu waktu saya di sana susah cari air bersih, sampai sampai harus mandi di sungai

    BalasHapus